1001 Manfaat Buah Sarikaya Bagi Kesehatan Tubuh

SRIKAYA

1001 Manfaat Buah Sarikaya Bagi Kesehatan Tubuh-, Srikaya yang memiliki nama ilmiah Annona Squamosa ini yang memiliki rasa manis termasuk tanaman perdu yang biasa tumbuh di daerah dan tempat mana saja seperti: tanah kering, tanah berbatu, pekarangan, juga bahkan bisa tumbuh tanpa ditanam atau dibiarkan saja bisa tumbuh dengan sendirinya asal terkena sinar matahari yang cukup.

Buah srikaya ini memiliki deskripsi sebagai berikut :

  • Berbentuk bulat juga memiliki sisik atau tonjolan pada bagian kulitnya seperti buah sirsak.
  • Daging buahnya berwarna putih, dan rasanya manis.
  • Buah ini akan mulai berbuah setelah berusia sekitar 3 sampai 5 tahun.
  • Tingginya bisa mencapai kurang lebih 8 meter.

Manfaat Buah Sarikaya Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman ini bukan hanya pada bagian buahnya saja yang bisa digunakan, namun hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan mulai dari bagian daun, buah, biji, akar hingga kulit kayu yang ada pada tanaman srikaya.

Berikut ada beberapa manfaat yang dihasilkan dari berbagai bagian dari tanaman srikaya:

  • Bagian daunnya, memiliki sifat dingin, dan rasanya pahit juga sepat, dapat digunakan untuk mengobati: batuk, demam, diare, rematik, bisul atau abses, borok, luka, scabies, eksema, kudis, kutu pada kepala, cacingan, dan diare.
  • Bagian buahnya, mengandung tannin yang dapat digunakan untuk mengobati: gangguan pada sistem pencernaan, disentri yang sudah akut, dan diare.
  • Bagian bijinya, dapat membantu untuk memacu enzim pada pencernaan, abortivum, anthelmintik, juga bisa untuk pembunuh serangga.
  • Bagian akarnya, terdapat banyak kandungan didalamnya seperti: flavonoida, camphor, borneol, terpene, saponin, alkaloid anonain, polifenal, tannin, yang memiliki manfaat sebagai obat untuk anti radang, anti depresi, nyeri tulang pada punggung, mengatasi sembelit, dan disenteri akut.
  • Bagian kulit kayunya, dapat membantu mengobati luka berdarah, diare, disentri karena didalamya memiliki beberapa kandungan senyawa seperti: alkaloid anonain, borneol, camphor, flavonoida, dan terpente.

Baca Juga : Tanaman Sisik Naga Berkhasiat Sebagai Obat

Selain itu, manfaat dari buah srikaya juga dapat dipakai untuk kecantikan karena didalamnya memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat membantu melawan serangan radikal bebas.

Berikut ada beberapa cara yang dapat kita gunakan dalam pemakaian srikaya untuk pengobatan, antara lain:

  1. Untuk obat bisul dan borok

Karena pada bagian daunnya, memiliki sifat dingin, dan rasanya pahit juga sepat, yang dapat membantu mengobati penyakit pada kulit.

Cara penggunaannya: cuci daun srikaya secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus dengan dicampur sedikit garam, setelah itu tempelkan pada bagian yang terdapat bisul dan borok, setelah itu balut dengan menggunakan kain kasa atau kain biasa, diamkan selama beberapa menit, dan ganti 2 sampai 3 kali perhari.

  1. Untuk membantu mengobati gangguan pada pencernaan

Karena pada bagian daunnya, memiliki sifat dingin, dan rasanya pahit juga sepat, yang dapat membantu mengobati gangguan pada pencernaan.

Cara penggunaannya; cuci daun srikaya secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus, campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan usapkan pada bagian perut.

  1. Untuk mengobati diare

Karena pada bagian kulit kayunya memiliki beberapa kandungan senyawa seperti: alkaloid anonain, borneol, camphor, flavonoida, dan terpente.

Cara penggunannya: cuci kulit batang tanaman srikaya sekitar 6-10 gram, kemudian potong kecil, lalu rebus dengan air 4 gelas, ditambahkan gula merah secukupnya, dan diamkan hingga air rebusan tersisa sekitar 2 gelas, setelah itu angkat, dinginkan, saring, dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Untuk mengobati penyakit kudis

Karena pada bagian daunnya, memiliki sifat dingin, dan rasanya pahit juga sepat, yang dapat membantu mengobati penyakit pada kulit.

Cara penggunannya: cuci daun srikaya skitar 15 lembar saja, kemudian tumbuk hingga halus, dengan dicampur kapur sirih sambil diremas-remas, setelah itu gosokkan pada kulit yang terkena kudis, lakukan dengan rutin sebanyak 2 kalin dalam sehari.

  1. Untuk membantu membunuh kutu pada kepala

Karena pada bagian bijinya, dapat membantu untuk memacu enzim pada kepala, dan karena pada bagian daunnya, memiliki sifat dingin, dan rasanya pahit juga sepat, yang dapat membantu mengobati penyakit pada kulit.

Cara penggunaannya: siapkan daun srikaya kurang lebih 1 genggaman, dan 10 butir biji buah srikaya, kemudian tumbuk semuanya hingga halus, campurlan dengan sedikit minyak kelapa sambil diaduk hingga merata, setelah itu tempelkan pada kepala dan bungkus dengan menggunakan kain atau handuk, diamkan selama kurang lebih 3 jam, lalu cuci hingga bersih. Hati-hati pada saat pembilasan jangan sampai ada air bilasan yang masuk ke dalam mata karena akan menyebabkan peradangan dan iritasi pada mata.

Catatan tambahan:

  • Bagi ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi rebusan biji srikaya.
  • Jika ingin mengkonsumsi rebusan biji, akar, daun, dan kulit srikaya sebagai obat harus berhati-hati karena terdapat kandungan racun di dalamnya, dan harus ada dibawah pengawasan ahli herbal.

Itulah beberapa informasi mengenai tanaman srikaya, dan manfaatnya bagi kesehatan. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber : www.oriornewyork.com