Khasiat Daun Dewa Untuk Melancarkan Saluran Kencing

Daun Dewa

Khasiat Daun Dewa Untuk Melancarkan Saluran Kencing-, Nama ilmiah Gynura Divaricata atau orang China biasa menyebutnya dengan Samsit merupakan nama tumbuhan yang herbal yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita yaitu Daun Dewa.

Tanaman terna ini memiliki tinggi sekitar 30-40 cm, berdiri tegak memiliki batang bersudut lima dan daun yang panjang dengan tepian bergerigi besar serta posisis daun yang bersilangan. Panjang dari daunnya senidri bisa mencapai 20 cm dengan lebar 10 cm, tangkai yang pendek, bulat serta berbulu halus dan memiliki ujung yang lancip bertoreh pada tepi daun yang memiliki warna hijaukeunguan.

Daun dewa memiliki bunga manjemuk yang tumbuh pada setiap ujung batang berbentuk cawan berwarna hijau dan memiliki putik berbentuk jarum dengan warna yang kuning. Tumbuhan ini dapat hidup pada daratan dengan ketinggian 200-800 mdpl. Perbanyakan dari tanaman ini bisa dengan menggunakan umbinya sendiri atau bisa pula dengan menggunakan stek batang.

Tanaman herbal ini sangat mudah sekali terserang oleh hama, jadi pada penanganan yang kurang tepat maka tanaman ini bisa saja terjangkit oleh hama yang akan merugikan tanaman itu sendiri. Dan juga bisa saja mengurangi kandungan manfaat baik yang ada di dalam tanaman tersebut.

Baca Juga : Manfaat dan Bahaya Dadap Ayam Untuk Obat Demam

Hama yang biasa menyerang tanaman herbal ini adalah kutu putih. Kita bisa melakukan upaya dalam mengurangi atau bahkan membasmi hama tersebut dengan menggunakan pestisida alami atau pestisida nabati. Contoh dari pestisida nabati adalah dengan menggunakan tembakau, daun mimba, atau akar tuba dengan cara di tumbuk hingga halus, di rendam semalaman lalu lakukan penyaringan. Setelah itu larutkan cairan tersebut dengan air hangat barulah semprotkan cairan pembasmi hama nabati tersebut kepada tumbuhan daun dewa tersebut.

Manfaat Tanaman Daun Dewa

Tujuan dari penggunaan pestisida nabati ini adalah agar tanaman herba daun dewa tersebut tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia yang jelas akan merusak fungsi dan atau manfaat yang akan dihasilkan dari tanaman herba daun dewa tersebut. Bagian pemanfaatan pun terfokus pada daun saja, karena daun dewa memiliki kandungan baik seperti saponin, flavonoida dan juga minyak asitri. Adapun manfaat yang terkandung dari daun dewa untuk kesehatan ialah :

  1. Membantu melancarkan fungsi saluran kencing
  2. Sifat analgesiknya membantu untuk meredakan berbagai rasa nyeri pada bagian tubuh yang sakit
  3. Anti-inflamasinya dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh
  4. Anti toksinnya dapat membantu meghalau racun yang ada di dalam tubuh
  5. Membantu menurunkan hipertensi
  6. Membantu melancarkan fungsi saluran darah
  7. Membantu mengatasi luka memar
  8. Membantu menghentikan pendarahan yang tidak lazim
  9. Membantu menurunkan demam yang tinggi, serta
  10. Membantu meringankan penyakit diabetes mellitus.

Cara pengolahan daun dewa sendiri bisa dengan langsung menyajikannya dalam keadaan segar atau bisa pula dengan cara mengekstrak daun dewa yang telah dijemur sampai benar-benar kering lalu ditumbuk hingga menjadi seperti tepung dan dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau ditaburkan ke dalam makanan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : www.oriornewyork.com