Khasiat Sarang Semut untuk Benjolan di Leher

Khasiat Sarang Semut untuk Benjolan di Leher

Myrmecodia merupakan nama ilmiah dari sarang semut, yang berasal dari bahasa Yunani kuno yang memiliki arti “mirip semut” atau bisa juga “dikerumuni semut”. Biasanya sarang semut ini tumbuh pada batang, dahan atau cabang-cabang pohon yang banyak di temukan di wilayan Indonesia bagian timur yaitu di sekitaran Papua. Karena sarang semut ini tumbuh di dahan pohon, maka sarang semut dan pohon tersebut akan menjalin interaksi biologis simbiosis komensalisme.

Yaitu interaksi biologis yang saling menguntungkan salah satu belah pihak dan pihak lain tidak merasa di untungkan atau pun dirugikan. Interaksi ini terjalin dengan tanaman yang di hinggapi sarang semut akan mengantarkan sari-sari makan dan cadangan air melalui bongkot sarang semut yang ditumbuhi dengan duri-duri. Jadi sarang semut menjadi pihak yang diuntungkan, sedangkan tumbuhan adalah pihak yang tidak diuntungkan atau bahkan dirugikan.

Yang dimaksud sarang semut disini bukanlah sarang yang di buat oleh pasukan semut, melainkan sekelompok tumbuhan epifit yang menumpang hidup pada pohon lain. Bentuk dari sarang semut sendir adalah menggelembung dipenuhi dengan duri-duri yang tajam yang di dalamnya terdapat lubang-lunang labirin yang di huni oleh para semut dan cendawan.

Daging dari tanaman epifit itulah yang nantinya akan di proses menjadi ramuan yang di sebut dengan ramuan sarang semut. Cara pengolahan nya sendiri adalah dengan mengiris tipis-tipis bagian daging tanaman tersebut lalu menjemurnya hingga kering.

Khasiat Sarang Semut untuk Benjolan di Leher

Salah seorang pakar ahli Prof Dr Sumali Wiryowidagdo yang merupakan salah satu guru besar dari universitas Indonesia dari jurusan farmasi, beliau mengemukakan bahwa “tanaman epifit seperti sarang semut tersebut memang sangatlah baik dan berfotensial dijadikan sebagai obat. Apalagi dengan tanaman ini membangun interaksi simbiosis dengan tanaman lain maka akan menghasilkan metabolit sekunder yang cukup tinggi.

Proses itu bisa terjadi pada tanaman inang atau dari tanaman epifit. Hampir semua makhluk yang memiliki metabolit primer memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, lemak, asam lemak dan karbohidrat. Sedangkan untuk metabolit yang sekunder memiliki senyawa yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuh seperti glikosida, steroid, terpenoid dan alkaloid”.

Senyawa yang terkandung di dalam sarang semut tersebuit telah banyak di bahas bahwa senyawa tersebut mampu menghalau kanker bahkan menghancurkan sel-sel kanker yang terdapat pada tubuh manusia. Ini berlaku bagi penyakin benjolan leher, karena penyakit tersebut termasuk ke dalam jenis penyakit kanker atau sejenis tumor.

Setelah membaca hasil penelitian seorang ilmuan di atas, dapat disimpulkan bahwa memang sarang semut aman dikonsumsi dan sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis kanker dan tumor. Termasuk juga mampu di jadikan sebagai obat benjolan di leher. Jadi dengan mengonsumsi sarang semut secara rutin 2x perhari untuk pengobatan dapat membantu mengatasi masalah penyakit benjolan leher yang anda alami. Cara pengolahan sarang semut untuk penyakit benjolan leher sendiri ialah :

  • Siapkan sebanyak kurang lebih 100 gr saranng semut yang telah di iris tipis dan dijemur kering
  • Rebuslah sarang semut tersebut ke dalam 600 ml air
  • Tunggu hingga mendidih dan hingga air rebusan menjadi sekitar 100 ml.