Manfaat Bawang Merah Untuk Wasir dan Ambeien

Bawang merah termasuk kompoenen masakan yang wajib ada disetiap makanan. Hal ini dikarenakan bawang merah yang berada dalam suatu masakan dapat memperkuat cita rasa masakan itu sendiri.

Bawang merah merupakan bumbu dapur asal Asia Tengah lebih tepatnya dari Iran dan Pakistan. Bawang merah telah dibudi dayakan sekitar 5000 tahun yang lalu. Orang Mesir Kuno menggunakan bawang merah sebagai upah para pekerja yang membangun piramida. Dari abad ke-6 bawang merah sudah mulai menyebar ke Eropa dan belahan dunia lainnya.

Manfaat Bawang Merah Untuk Wasir dan Ambeien

Manfaat Bawang Merah Untuk Wasir dan Ambeien

Dalam dunia kesehatan bawang merah mempunyai manfaat yang mengagumkan untuk penyakit peradangan yang menyebabkan wasir dan ambeien. Karena bawang merah memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang sangat bermanfaat dalam mencegah sejumlah penyakit.

Quercetin yang ada pada bawang merah memiliki efek antiinflamasi yang sangat kuat. Dengan kemampuan tersebut sejumlah penyakit yang disebabkan oleh peradangan dapat dicegah.

Selain bisa memiliki manfaat untuk wasir dan ambeien, bawang merah juga bermanfaat untuk masalah penyakit lainnya,,

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah manfaat bawang merah untuk kesehatan, diantaranya:

  • Mencegah infeksi kanker

Jenis sayuran allium memang telah diteliti lebih mendalam tentang keterkaitannya dengan kanker. Dan bawang merah yang diperkaya dengan organosulfur yang sangat menguntungkan untuk menunjang kesehatan untuk tubuh. Walaupun cara kerja dari senyawa tersebut belum diketahui lebih detail. Akan tetapi beberapa hipotesis menyatakan bahwa bawang merah memungkinkan untuk menghambat pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

Bawang merah yang mengandung vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab dari kanker.

  • Sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung

Bawang merah yang mengandung sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur yang berpengaruh pada terhadap penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bawang putih juga bermanfaat untuk memperlebar arteri yang mengalami penyumbatan.

  • Menyeimbangkan kadar gula dalam dara

Salah satu penelitian di Sudan menyebutkan bhahwa penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang mengonsumsi bawang merah ternyata memliki kadar gula yang normal dibandingkan dengan penderita diabetes yang tidak mengonsumsinya. Hal serupa juga dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan melalui Environmental Health Insight yang mengatakan bahwa mengonsumsi bawang merah mentah dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Membantu detoksifikasi tubuh

Proses detosifikasi ini dibantu oleh kandungan sulfur dalam bawang merah. Vitamin C yang ada di dalamnya juga dapat memurnikan darah dengan mengeluarkan kadmium, timbal dan arsenik dari dalam tubuh.

  • Meningkatkan sistem imun

Bawang merah yang mengandung antioksidan dengan signifikan mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas. Maka dari itu, tubuh secara alami kekebalan tubuh akan meningkat dan proses kerja tubuh menjadi lebih efisien.

  • Mengatasi permasalahan pada perut

Masalah sakit perut memang sering dirasakan banyak orang. Masalah tersebut dapat teratasi dengan mengonsumsi bawang merah mentah. Jika tidak sanggup mengonsumsinya bawang merah ini dapat digosokkan ke permukaan perut yang diyakini efektif untuk mengatasi permasalahan perut terutama pada anak-anak.

Supaya kandungan gizi dan khasiat dari bawang merah terjaga utuh, sebaiknya bawang merah ini dikonsumsi secara mentah. Karena bawang merah yang telah diolah biasanya kandungan nutrisi dan khasiatnya akan berkurang. Mulai sekarang tidak ada salahnya untuk mengonsumsi bawang merah mentah demi menjaga kesehatan secara menyeluruh termasuk untuk di jadikan obat wasir dan ambeien .