Manfaat Gadung Untuk Obati Penyakit

Gadung

Manfaat Gadung Untuk Obati Penyakit-, Gadung merupakan tanaman merambat yang memiliki panjang sekitar 5-20 meter. Bila dilihat dengan seksama dan dari sudut pandang atas, tanaman gadung ini memiliki arah berputar ke kiri yang berarti melawan arah perputaran matahari. Ciri khas yang dimiliki gadung ini sangat baik untuk membedakan tanaman gadung dengan tanaman yang termasuk ke dalam genus yang sama, memiliki penampilan yang mirip dengan tumbuhan gadung yaitu tanaman gembili (D. Aculeata).

Tanaman gadung memiliki jenis bunga majemuk dengan posisi bunga jantan dan bunga betina yang terpisah. Memiliki batang yang ramping dengan diameter 0,5-1 cm, ditumbuhi duri ada juga yang tidak ditumbuhi duri, berwarna hijau keabuan. Daunnya sendiri terletak bersilangan dengan tiga helaian daun yang menjari berbentuk bundar telur dan tipis.

Bunga jantan terkumpul pada satu tandan yang keluar dari ketiak daun. Sedangkan bunga betina yang berbentuk buliran-buliran halus bersifat majemuk. Mahkota bunganya sendiri berwarna kuning dengan benang sari yang berjumlah 6 serta memiliki warna kuning yang senada. Umbinya terbentuk didalam tanah dengan bentuk dan jumlah yang tidak beraturan serta bergerombol.

Hingga dalam keadaan yang baik, umbi tersebut bisa memiliki panjang sekitar 25 cm. Sementara buahnya memiliki bentuk seperti elips, berdiameter 1 cm, berdaging serta memiliki warna yang kecoklatan. Perkembangbiakan dari tanaman ini bisa dilakukan dengan cara menyetek atau bisa pula dengan menabur bijinya. Umbi yang dihasilkan dari tanaman ini sebenarnya terkenal sangat beracun yang biasa digunakan untuk racun penangkap ikan atau racun yang digunakan pada mata panah.

Baca Juga : Khasiat Daun Ungu Untuk Keluhan Penyakit Luar dan Dalam

Manfaat dan Racun Tanaman Gadung

Pembuktian telah dilakukan bahwa umbi gadung mentah sebesar buah apel mampu membunuh seorang pria dalam kurun waktu 6 jam saja. Efek yang akan dirasakan setelah racunnya berfungsi ialah lelah, ngantuk, rasa tidak nyaman pada tenggorokan seperti terbakar dan juga tercekik, pusing hingga muntah darah.  Meskipun demikian, faktanya di Indonesia dan juga di China hasil parutan dari umbi gadung ini sering kali digunakan untuk mengobati penyakit kutil, kusta, mata ikan serta kapalan.

Dan apabila umbi gadung ini di campur dengan umbi gadung China maka dipercaya membantu menyembuhkan luka akibat gangguan sifilis. Di Thailand, irisan umbi gadung ini digunakan untuk menghilangkan nanah akibat infeksi, mengurangi sakit perut serta mengatasi kejang-kejang. Sedangkan di Filipina, umbi ini digunakan untuk mengatasi reumatik dan juga arthritis serta digunakan untuk membersihkan belatung pada hewan yang tengah terluka.

Memang walaupun terkenal beracun, pada pengolahan yang benar justru umbi gadung ini dapat menghasilkan manfaat yang tidak kalah dengan tumbuhan lainnya. Diketahui dalam catatan sejarah bahwa pada tahun 1628 di Batavia (sekarang Jakarta) masyarakatnya mengonsumsi singkong dan juga umbi gadung sebagai makanan pokok. Umbi gadung juga kerap kali digunakan sebagai bahan utama pembuatan keripik yang dibandrol dengan harga yang cukup fantastis dan juga diminati masyarakat karena rasanya yang enak dan kres.

Gadung yang telah direbus atau telah diolah dengan benar maka akan menghasilkan manfaat seperti membantu :

  1. Menambah energi di dalam tubuh
  2. Mengobati kejang pada perut
  3. Mengatasi nanah pada luka akibat infeksi
  4. Menyembuhkan penyakit kusta, kutilan, dan mata ikan
  5. Menurunkan kadar kolesterol
  6. Mengobati radang pada empedu, serta
  7. Kadar karbohidrat yang tinggi juga dapat menghasilkan energi yang setara untuk dijadikan bahan makanan pokok.

Demikianlah berbagai manfaat yang terkandung dibalik umbi beracun tersebut. Semoga bermanfaat dan terimakasih !

Sumber : www.oriornewyork.com