Ragam Khasiat Tanaman Daun Kentut Bagi Kesehatan

Daun Kentut

Ragam Khasiat Tanaman Daun Kentut Bagi Kesehatan-, Tumbuhan ini sangat identik dengan baunya yang sangat khas. Baunya sendiri menyerupai bau tidak sedap dari kentut, maka dari itulah tanaman ini dinamakan dengan tanaman “daun kentut”. Daun kentut sendiri memiliki nama lokal seperti kasembukan (Jawa), kahitutan (Sunda), daun Kentut dan sembukan (Sumatera), Bintaos dan Kasembhukan (Madura) serta gumi siki (Ternate).

Nama ilmiah dari tanaman dau kentut sendiri ialah Paederia Scandens yang termasuk ke dalam salah satu golongan family Rubiaceae (suku kopi-kopian). Herba menahun ini memiliki batang merambat dengan pangkal berkayu, dan panjangnya sekitar 3-5m. Tumbuhan daun kentut ini biasa hidup liar di semak belukar, ditepian sungai, dan terkadang pula tanaman ini di tanam untuk dirambatkan ke pagar agar melindungi halamn rumah dari gangguan yang kurang mengenakan.

Daunnya sendiri memiliki bentuk yang bulat memanjang dengan ujung yang meruncing. Bunganya dari tanaman daun kentut ini memiliki sifat yang majemuk tersusun pula di dalam satu malay. Bunga sendiri keluar dari bagian ketiak daun dan juga bisa keluar dari ujung percabangan dahan yang masih muda. Kelopak bagian luarnya berwarna putih, dan juga kelopak bagian dalamnya berwana ungu yang gelap.

Baca Juga : Mengatasi Sakit Pinggang dengan Bawang Putih

Buahnya sendiri memiliki warna kuning yang mengkilap panjangnya bia mencapai 4-6 mm. Pada umumnya tanaman daun kentut ini sering kali dijadikan untuk lalab-laplaban sayur. Perbanyakan atau perkembangbiakan dari tanaman ini bisa dilakukan dengan cara menanam kembali biji yang dihasilkan dari tanaman tersebut. Dan bisa pula dengan melakukan stek batang pada batang yang tengah tua (cukup umur). Tanaman ini bisa hidup pada dataran yang memiliki ketinggian sekitar 1-2. 1 00 mdpl.

Rasa manis yang dihasilkan dari tanaman kentut ini, bila terlalu lama mengunyahnya maka akan menimbulkan rasa pahit yang netral. Selain itu tanaman daun kentut juga memiliki efek detoksifikasi, efek analgesik, mucolitic, stomatik, anti-biotik, anti-radang serta antitusif.

Kandungan dan Manfaat Daun Kentut

Batang dan daun dari tanaman ini mengandung oleanolic acid, minyak menguap, arbutin, scandoside, paederosid, paederosidic acid, gama-sitosterol, asperuloside dan juga deacetylasperulos. Bagian pemanfaatan dari tanaman daun kentut ialah semua bagian dari tanaman tersebut termasuk juga akarnya. Bagian dari tanaman tersebut dicuci bersih lalu dijemur hingga benar-benar kering, harus pula pada tempat yang kering dan juga sejuk. kegunaanya sendiri. Adapun manfaat dari tanaman daun kentut ini secara umum ialah :

  1. Efek analgesiknya membantu tubuh untuk meringankan semua gejala rasa sakit yang terjadi baik bagian dalam maupun luar tubuh.
  2. Anti-biotiknya membantu tubuh untuk melawan kuman dan virus penyebab penyakit dan juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.
  3. Efek stomatiknya membantu untuk meningkatkan nafsu makan seseorang.
  4. Anti radang nya dapat berfungsi untuk meringankan pradangan yang ada di dalam tubuh.
  5. Efek detoksifikasinya dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuh.
  6. Kandungan antitusifnya juga membantu untuk meringankan gejala batuk kering dan juga berdahak dan juga membantu melancarkan gangguan pernafasan.

Itulah 6 manfaat yang terkandung dari dalam tanaman daun kentut yang baunya sangatlah khas. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : www.oriornewyork.com