4 Suplemen Terbaik untuk Menambah Berat Badan

4 Suplemen Terbaik untuk Menambah Berat Badan – Banyak orang yang benar-benar ingin menambah berat badan. Beberapa alasan umum diantaranya karena ingin meningkatkan aktifitas sehari-hari, terlihat lebih berotot dan lebih atletis.

4 Suplemen Terbaik untuk Menambah Berat Badan

Biasanya, orang yang ingin menambah berat badan fokus pada pembentukan otot. Hal ini memang lebih baik daripada menambah berat bada dengan meningkatkan tumpukan lemak sehingga yang didapat adalah tubuh gimpal dan perut buncit.

Makanan dan olahraga sangat penting untuk pembentukan otot, suplemen juga dapat membantu karena menyediakan kalori dan juga protein. Sehingga berat badan dan pembentukan otot akan lebih cepat. Jika anda tidak mau menambah suplemen, Anda harus berolahraga lebih keras lagi.

4 Suplemen Terbaik untuk Menambah Berat Badan

Berikut adalah 4 suplemen yang dapat membantu Anda menambah berat badan dan membentuk otot.

1. Protein

Banyak orang tahu bahwa protein adalah komponen otot yang penting. Namun mereka masih jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur dan ikan.

Beberapa penelitian menunjukkan ada peningkatan kekuatan orang dewasa saat berolahraga setelah mengkonsumsi suplemen protein.

Namun, faktor yang paling penting adalah masukan protein dari makanan. Sehingga kebutuhan protein sehari-hari dapat terpenuhi meskipun tanpa bantuan suplemen. Jika kebutuhan protein sudah tercukupi dari makanan, maka Anda tidak perlu lagi mengkonsumsi suplemen. Institute of Medicine merekomendasikan 10–35% dari kalori harian harus berasal dari protein.

2. Creatine

Creatine merupakan salah satu suplemen yang paling banyak diteliti dan salah satu dari beberapa suplemen olahraga dengan dukungan penelitian yang sangat kuat.

Molekul ini dapat ditemukan secara alami pada sel-sel tubuh dan di beberapa makanan. Ketika mengkonsumsi creatine sebagai suplemen, creatine di otot dapat meningkat dengan luar biasa dan mempengaruhi pembentukan otot serta berat badan.

Creatine memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh Anda, salah satunya yaitu dapat mempercepat produksi energi. Sejumlah besar penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen creatine dapat meningkatkan kinerja olahraga dan meningkatkan otot secara terus menerus.

Creatine monohydrate merupakan jenis creatine yang paling direkomendasikan, karena memiliki penelitian yang mendukung dan menjamin kewmanan dan keefektifannya.

Ketika Anda mengkonsumsi suplemen creatine, disarankan untuk memulai dengan dosis sekitar 20 gram per hari, dibagi menjadi empat porsi, selama 5-7 hari. Setelah periode awal ini, dosis pemeliharaan sekitar 3–5 gram per hari dapat lakukan tanpa batas.

3. Weight Gainers (Penambah berat badan)

Agar Anda bisa menambah berat badan, Anda harus mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda dapatkan sebelumnya. Yang perlu Anda perhatikan yaitu kebutuhan setiap orang tidak selalu sama. Sehingga Anda harus tau kebutuhan kalori Anda sendiri.

Penambah berat badan adalah suplemen berkalori tinggi yang cocok untuk mereka yang kesulitan menambah berat badan.

Seperti suplemen protein, suplemen ini tidak memiliki keajaiban. Hanya saja merupakan cara mudah bagi sebagian orang untuk mendapatkan lebih banyak kalori. Biasanya, penambah berat badan bergetar sangat tinggi karbohidrat dan protein.

4. Suplemen

Sangat sedikit suplemen yang dapat menambah berat badan dan juga bentuk otot, tanpa diimbangi dengan berolahraga.

Ada beberapa suplemen yang dapat membantu Anda lebih kuat ketika berolahraga. Sehingga Anda bisa lebih lama dan pembentukan otot lebih cepat.

  • Kafein

Kafein dikonsumsi secara luas oleh setiap orang di seluruh dunia. Orang yang aktif sering menkonsumsinya sebelum berolahraga untuk meningkatkan kinerja olahraga mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein memang efektif untuk meningkatkan kinerja tubuh olahraga.
Kafein dapat menyebabkan peningkatan otot yang lebih baik ketika berolahraga. Namun, ini hanya akan terjadi jika kalori dan protein didalam tubuh mencukupi.

  • Citrulline

Citrulline adalah asam amino yang diproduksi di dalam tubuh, namun asam amino ini juga dapat ditemukan dalam makanan. Salah satu fungsi citrulline adalah untuk meningkatkan dan melancarkan aliran darah ke jaringan tubuh.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jumlah olahraga yang dilakukan dalam satu sesi dapat meningkat ketika mengonsumsi suplemen ini.

  • Beta-Alanine

Beta-alanin adalah asam amino lain yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Salah satu fungsinya yaitu dapat membantu otot-otot melawan kelelahan selama olahraga.

  • HMB (Beta-hidroksi beta-methylbutyrate)

Beta-hidroksi beta-methylbutyrate (HMB) merupakan suatu molekul yang diproduksi ketika asam amino leucine dipecah dalam tubuh. Molekul ini sangat berperan dalam pemulihan tubuh setelah olahraga intens dan mengurangi pemecahan protein otot.

Hasil dari banyak orang yang sudah menggunakannya melaporkan bahwa suplemen HMB dapat meningkatkan pemulihan otot dan penguatan otot, terutama pada orang yang tidak memiliki pengalaman pelatihan.

Demikian informasi 4 suplemen terbaik untuk menambah merat badan ini Kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih dan semoga sehat selalu 🙂