Waspada, Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Pekerja Kantoran

Kita ketahui bahwa setiap pekerjaan memiliki risiko kesehatan masing-masing. Lalu, gangguan kesehatan apa yang mungkin dihadapi oleh pekerja kantor pada umumnya?

Walaupun terlihat enak dan nyaman, duduk di kursi kantor yang empuk seharian dan juga tidak melakukan aktivitas berat. Faktanya cukup banyak gangguan kesehatan yang perlu dihadapi pekerja kantoran, mulai dari yang ringan maupun berat. Seperti 5 gangguan kesehatan berikut ini yang sering mengancam, apa saja? Berikut ulasannya.

  • Mata lelah

Umumnya melihat monitor terlalu lama akan menyebabkan suatu kontraksi berlebih pada otot mata yang dapat mempengaruhi mata menjadi kering, merah disertai sakit kepala yang hebat.

Sebagai pencegahan, kalian dapat memalingkan pandangan setiap 30-50 menit sekali dari layar monitor menuju arah lain seperti memandang tanaman hijau, jika mungkin minimal 5-10 menit.

  • Sakit leher

Berjam-jam menatap komputer dengan duduk tegak memang akan menciptakan tekanan di leher dan berujung pada sakit leher. Tak hanya itu, beban ini pun dapat menyebabkan munculnya benjolan di leher.

  • Kelelahan

Pekerja kantoran cenderung menjalankan gaya hidup yang tidak sehat. Akibatnya terjadi penumpukkan kolesterol pada dinding bagian dalam otot. Dimana aliran darah menjadi tidak lancar sehingga menyebabkan rasa lelah di kaki, kaki bengkak sampai naiknya tekanan darah.

Untuk mengatasi kelelahan, sebaiknya kalian lakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki untuk mencegah efek buruk dan selalu terapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok dan banyak konsumsi junk food.

  • Masalah pendengaran

Pekerja kantoran pun ternyata berisiko mengalami masalah pendengaran akibat suara yang terdengar ketika bekerja. Seperti halnya dering telepon, komputer maupun peralatan elektronik yang mengeluarkan suara dan juga sering digunakan. Bahkan bisa diakibatkan oleh penggunaan hedset dengan volume besar saat anda ingin fokus bekerja tanpa gangguan.

  • Gangguan pencernaan

Pegawai kantoran pula sering mengalami stress sehingga picu naiknya kadar asam lambung. Selain menyebabkan maag, kondisi ini juga sebabkan gangguan pencernaan lain seperti diare dan juga sembelit.

  • Obesitas

Suatu aktivitas yang terlalu sering duduk dan kebiasaan makan berlebihan tak hanya berdampak pada penampilan, melainkan juga kesehatan. Tidak diimbangi aktivitas fisik, obesitas akan mudah menyerang pekerja kantoran bahkan sangat berisiko menimbulkan penyakit lainnya seperti diabetes dan jantung.

  • Sindroma karpal tunel

Apakah sering merasakan nyeri, kesemutan atau bahkan sakit di jari tangan? Jangan anggap sepele! Sindrom karpal tunel bisa timbul akibat aktivitas mengetik yang terlalu sering. Nah, sebagai antisipasi anda bisa melakukan peregangan ringan di sela-sela pekerjaan guna mengendurkan tegangan di pergelangan tangan.

Itulah informasi kesehatan terkait Gangguan Kesehatan Pekerja Kantoran yang perlu anda ketahui dan waspadai, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya